Ebsoft, Gudang Pengetahuan Komputer dan Aplikasi Islami


Bagi Anda yang butuh software islami dan pengetahuan komputer lainnya, ada baiknya Anda berkunjung ke web blog ini: www [dot] ebsoft [dot] com. Banyak pengetahuan baru yang bisa Anda dapatkan di sini, termasuk beberapa software dan aplikasi gratis.

Untuk lebih mengenalnya, saya kutipkan wawancara wartawan majalah hidayatullah dengan pendiri blog yakni Ebta Setiawan.

Kenal Ebta Setiawan? Bagi Anda yang rajin menjelajah di internet mencari informasi seputar software dan download aplikasi Islami, nama ini tentu saja tidak terlalu asing.

Ya, Ebta Setiawan adalah pendiri sekaligus pengelola laman weblog ebsoft.web.id. Kehadiran Ebsoft bisa dikata adalah fenomena yang luar biasa. Ketika bertandang ke laman ini, pengalaman berselancar internet kita pun rasanya terpuaskan, utamanya dengan adanya postingan-postingannya dan tips trik yang sarat dengan ilmu pengetahuan.

Bahkan baru-baru ini, Ebsoft merilis Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline yang merupakan software rilis terbaru saat ini yang terlengkap dari freeware sejenis yang pernah ada.   

Pria kelahiran Yogyakarta lulusan Electrical Engineering Universitas Gadjah Mada ini juga telah menciptakan sejumlah aplikasi Islami yang telah diunduh jutaan pengguna di internet. Selain aplikasi Islami, ia juga kerap berbagi “bonus” untuk pengunjungnya, baik berupa link download dengan serial number gratis dan lain lain.

Membuat aplikasi tentu adalah pekerjaan berat dan butuh waktu yang tidak sebentar. Tapi pria yang  juga berpengalaman utak atik berbagai disiplin ilmu seperti Delphi, Pascal, dan PHP, ini mengaku tidak rugi. 

“Insya Allah tidak rugi, apalagi berbagai sumber untuk membuat software itu sebagian besar saya dapatkan gratis dari internet juga, dan saya hanya mengolahnya menjadi software lain yang lebih bermanfaat,” katanya.

Ebsoft memang bukan halaman blog sembarangan. Ia memiliki ranking global di Alexa (program pemeringkat web) ke 63,181 dan untuk di Indonesia sendiri berada di posisi popularitas ke-868 dari jutaan situs di Indonesia.

Bagaimana pengalaman blogging pria yang penghasilannya dari internet lebih dari cukup ini? Apa pula motivasinya bersusah-susah membuat software untuk dibagi-bagikan gratis tersebut? Inilah petikan wawancara Hidayatullah.com dengan Ebta Setiawan. Selamat mengikuti:  

Apa saja kesibukannya saat ini selain blogging?

Selain blogging mengurusi ebsoft.web.id dan beberapa web/blog lainnya, saat ini saya menjadi salah satu tenaga outsourcing di pemerintah kabupaten Sleman, Yogyakarta di Departemen Hubkominfo. Kemudian disamping itu, terkadang ada proyek pembuatan software, website ataupun design, baik dari personal maupun instansi. Juga membantu istri saya jualan online dan tentu membantu mendidik dan mengurus anak pertama saya yang baru berumur 11 bulan.

Bagaimana cerita dan pengalaman pertama kali ngeblog?

Awalnya saya belum tahu sama sekali bagaimana membuat web dan bahkan belum mengenal istilah blog. Pertama kali membuat web gratis di geocities.com untuk menuliskan dan menyediakan link download beberapa software gratis yang pernah saya buat, dengan web statis saja.

Tetapi karena bandwidth yang dibatasi, ketika orang yang mengunduh software saya semakin banyak, web geocities ini semakin sering tidak bisa diakses. Selanjutnya sekitar awal tahun 2007 ada seorang teman di Jakarta yang menawarkan untuk memberikan dan membuatkan web gratis, karena ketika itu saya juga belum mengenal blogging. Sebelumnya sebenarnya juga ada, tetapi saya belum mengiyakan, karena saya masih awam dan belum tahu membuat dan mengelolanya.

Awalnya saya ingin menamakan web saya dengan shollu.web.id, nama software saya yang paling banyak tersebar ketika itu. Tetapi ternyata nama domain ini sudah di pesan orang lain, yang belakangan kemudian saya baru tahu bahwa sebenarnya domain ini akan diberikan ke saya untuk software shollu.

Akhirnya saya menggunakan nama ebsoft.web.id, diambil dari nama EBta dan SOFTware. Ketika itu menggunakan wordpress dan pemasangan dan pengaturannya masih dilakukan sepenuhnya oleh teman saya.

Mulai dari ebsoft ini saya mulai menulis berbagai hal terutama pengalaman tentang komputer baik software maupun hardware.

Alhamdulillah mendapat tanggapan yang sangat baik dari pengunjung. Setelah kurang lebih satu setengah tahun, pengunjung ebsoft semakin banyak, dan tentu ini cukup memberatkan, khususnya kinerja server pada hosting teman saya, sehingga sekitar bulan Oktober 2008 saya direkomendasikan untuk membeli hosting sendiri.

Setelah mempunyai cukup biaya dan tidak ingin merepotkan teman saya yang sudah memberikan tempat lebih dari setengah tahun secara gratis, akhirnya saya memutuskan untuk membeli hosting sendiri. Selanjutnya dari sana mulai belajar mengelola dan mengembangkan webblog sendiri.


tampilan laman  ebtasoft.web.id

Apa motivasi Anda?

Pada awalnya, saya ingin menyebarluaskan beberapa software buatan saya, terutama program pengingat sholat, Shollu, karena sebelumnya saya hanya mengenal penyebaran melalui email, sehingga ketika pengguna software saya semakin banyak, saya tidak mampu lagi mengirim dan memberikan update (informasi tebaru) melalui email dan mencari alternatif yang lebih mudah.

Selanjutnya selain menyebarkan software, saya juga ingin berbagi pengalaman, menulis tips dan trik mengenai komputer dan software, karena dulu saya sering utak-atik komputer baik hardware maupun software, termasuk juga pernah membuka jasa service komputer.

Tak jarang Anda membagi-bagikan freeware/software gratis kepada pembaca yang jika dikalkulasi bisa sangat mahal kalau mau dikomersialkan, seperti KBBI Offline, apakah Anda tidak rugi?

Insya Allah tidak rugi, apalagi berbagai sumber untuk membuat software itu sebagian besar saya dapatkan gratis dari internet juga, dan saya hanya mengolahnya menjadi software lain yang lebih bermanfaat.

Selain itu, membuat software yang sederhana, memudahkan dan mempunyai kelebihan dibanding software yang sudah ada, apalagi bisa bermanfaat bagi banyak orang, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi saya.

Dan saya juga yakin, ketika kita membantu orang lain memberikan manfaat, kita juga akan mendapatkan keuntungan, baik langsung ataupun tidak langsung dari arah yang tidak kita sangka.

Anda juga banyak membuat aplikasi Islami yang bermanfaat, apa latar belakangnya?

Termasuk salah satu azzam saya adalah dapat memberikan manfaat dengan ilmu yang saya miliki. Dengan sedikit ilmu yang saya miliki untuk membuat software/program komputer, maka saya juga ingin memanfaatkan ilmu saya itu, salah satunya dengan membuat aplikasi islami.

Bagi-bagi ilmu ngeblognya dong, biar kita para blogger pemula lebih semangat bisa berkarya seperti Anda?

Wah, ilmu ngeblog ya... Ngeblog sepertinya tidak memerlukan banyak ilmu, ketika kita ngeblog sesuai dengan hal yang kita senangi, insya Allah ngeblog itu mudah. Yang penting berikan sesuatu yang bermanfaat, jalin komunikasi yang baik dengan pengunjung.

Selanjutnya untuk teknisnya supaya blog ramai dan tampil bagus di search engine, bisa bergabung di forum ebsoft, jika ada sesuatu yang ditanyakan insya Allah bisa di diskusikan lebih mendalam di sana.

Ngomong-ngomong, sudah berapa penghasilannya dari blogging?

Hmm... penghasilan ya.. Alhamdulillah yang jelas dari aktivitas blogging, sampai saat ini ada penghasilan yang lumayan, bisa menutup biaya hosting semua website yang dimiliki termasuk biaya internet bulanan, termasuk juga untuk menambah berbagai kebutuhan lainnya.*

sumber: hidayatullah.com

Share
Labels:

0 comments:

Post a Comment

Pustaka Rumah Dunia

adalah rumah baca dan sanggar karya yang terletak di pelosok kampung, jauh dari kota. kami hadir sebagai bagian dari usaha mencerdaskan generasi penerus bangsa. tidak banyak yang bisa kami lakukan, tapi kami terus berusaha mencobanya. bukan untuk apa atau siapa, semata memberi manfaat bagi sesama

PRD on TWIT

Tinggalkan Jejakmu

Followers

Karya Pribadi

Karya Pribadi
Buku Pertama yang diterbitkan
Powered by Blogger.