Tips Menulis Andrea Hirata


Kemampuan menulis Andrea Hirata tentu tak perlu diragukan. Novel-novelnya seperti Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi masuk dalam jajaran novel terlaris.

Namun, Andrea tak pelit membagiakn ilmu menulisnya. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan dunia tulis-menulis, terutama untuk menulis novel, Andrea bersedia berbagi tips.

Kata dia, khususnya untuk proses pembuatan novel, dia terbiasa dengan melakukan riset dulu sementara menulis itu hanya butuh waktu dua atau tiga minggu saja.

Andrea Hirata, penulis Novel laris, Laskar Pelangi

"Pada dasarnya mulai kata pertama sampai kata terakhir bab penutup novel saya, sebelum menulis semua itu telah ada di kepala," ujarnya di hadapan tamu undangan yang sangat antusias sejak pertama masuk ruangan aula perpustakaan dan arsip daerah Kota Bontang.

Hal ini juga ditunjang dengan kebiasaan membaca yang baik. Lagi-lagi, Andrea juga tak segan mengungkap tips agar kita dan keluarga rajin membaca. "Buat ruang baca senyaman mungkin, kepung anak-anak dengan buku sehingga membaca jadi budaya dibanding menonton. Dan untuk bisa menulis dengan baik, wajib gemar membaca atau riset dan dalam menulis serealistis mungkin," tegas Andrea.

Sumber berita dan foto: republika.co.id

Share
Labels:

0 comments:

Post a Comment

Pustaka Rumah Dunia

adalah rumah baca dan sanggar karya yang terletak di pelosok kampung, jauh dari kota. kami hadir sebagai bagian dari usaha mencerdaskan generasi penerus bangsa. tidak banyak yang bisa kami lakukan, tapi kami terus berusaha mencobanya. bukan untuk apa atau siapa, semata memberi manfaat bagi sesama

PRD on TWIT

Tinggalkan Jejakmu

Followers

Karya Pribadi

Karya Pribadi
Buku Pertama yang diterbitkan
Powered by Blogger.