Tips Berburu Buku Murah


Siang tadi, di sela-sela berburu gambar berbekal kamera Nikon L-120 di arena pameran potensi daerah Kabupaten Sleman DIY saya menyempatkan diri memilih oleh-oleh untuk di bawa pulang. Pameran yang digelar tiap tahun menjelang HUT Kabupaten Sleman itu sendiri, banyak diisi stand dari 17 Kecamatan yang ada di Sleman, ditambah dari instansi Pemerintah Daerah dan Sekolah-sekolah. Beberapa di antaranya peserta swasta atau perorangan.

buku bermutu tidak mesti mahal, karena ada juga penerbit yang bukan semata mencari duit

Salah satu stand yang dikelola perorangan, ialah stand buku murah yang memajang banyak koleksi dari berbagai penerbit. Saya pun memutuskan untuk membeli oleh-oleh berupa buku. Yah, sekaligus memperkaya bahan pustaka untuk Pustaka Rumah Dunia yang saya kelola. Sebetulnya buku murah tidak hanya bisa kita dapatkan di pameran, berikut ini tips memburu buku murah yang bisa Anda coba.

1. Pameran Buku
Memang tidak bisa dipungkiri, pameran buku menjadi salah satu tujuan yang bisa kita maksimalkan untuk berburu buku murah. Tetapi kita perlu memperhatikan dan selektif dalam memilih buku yang akan kita beli. Sehingga tidak sekedar tergiur dengan harganya yang murah tetapi juga mesti mempertimbangkan isinya.

2. Membeli ke Penerbit
Dengan membeli ke penerbit langsung, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 50% bahkan lebih. Apalagi jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak, menjadi member atau menyampaikan bahwa pembelian buku tersebut untuk koleksi perpustakaan umum. Pembelian bisa secara online atau langsung ke penerbit.

3. Mencari ke pasar loakan
Buku-buku scond bisa menjadi alternatif mendapatkan buku murah tetapi bermutu. Kalau di Yogya bisa berburu ke shopping center, tempat beraneka buku scond dijual. Hanya saja kita sebelumnya tahu persis berapa harga buku barunya, sehingga bisa menawar dan tidak terkecoh.

4. Sahabat yang pindahan
Untuk kategori ini mungkin tergantung wilayahnya, kalau di Yogya yang menyandang gelar kota pelajar, biasanya setiap akhir tahun banyak mahasiswa atau pelajar yang pulang ke kampung halamannya setelah selesai kuliah. Nah biasanya buku-buku mereka yang selama ini dibeli tidak semuanya di bawa pulang, maka mereka biasanya menjualnya dengan murah atau justru memberikannya dengan cuma-cuma.

5.  Memberi Bendel Majalah
Untuk majalah, terutama majalah yang tidak cepat ‘basi’ membeli budel majalah bisa menjadi pilihan, selain harganya murah juga telah dijilid sesuai edisinya sehingga kita lebih gampang.

Demikian beberapa hal yang bisa dicoba untuk berburu buku murah, untuk dalam bentuk e-book, banyak tersedia bahkan gratis. Nantikan ulasannya dalam tulisan selanjutnya.

Share
Labels:

0 comments:

Post a Comment

Pustaka Rumah Dunia

adalah rumah baca dan sanggar karya yang terletak di pelosok kampung, jauh dari kota. kami hadir sebagai bagian dari usaha mencerdaskan generasi penerus bangsa. tidak banyak yang bisa kami lakukan, tapi kami terus berusaha mencobanya. bukan untuk apa atau siapa, semata memberi manfaat bagi sesama

PRD on TWIT

Tinggalkan Jejakmu

Followers

Karya Pribadi

Karya Pribadi
Buku Pertama yang diterbitkan
Powered by Blogger.